3 min read

Kasus Feses Pakan pada Ayam Broiler

Kasus Feses Pakan pada Ayam Broiler

Peternak pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah feses pakan pada ayam, konon feses ayam/feses berupa bentuk makanan atau warna pakan. Banyak peternak yang mengeluhkannya. Namun peternak tidak perlu terlalu khawatir, jika ada masalah dengan feses yang keluar, mereka perlu memikirkan di mana pusat pengolahan dan penyerapan nutrisi, dan kemudian memikirkan penyebab sekunder lainnya

Feses Pakan


Kasus feses pakan biasannya akan terlihat pakan utuh tidak tercerna dalam organ pencernaan ayam, feses berbentuk partikel besar dari jagung, dan bentuk feses sangat cair. Adanya feses pakan mengindikasikan ada yang tidak beres dengan organ pencernaan/usus, dimana lapisan mucosa fili-fili usus terjadi kerusakan atau infeksi.

Faktor Berak Pakan

1. Pakan/Nutrisi

Pakan tidak terserap sepenuhnya dan akan terbuang (feses) secara tidak perlu, apalagi jika masih terlihat sebagai pakan, yang pasti akan menyebabkan pertumbuhan anak ayam terganggu dan menjadi kerdil. Biasanya nutrisi pakan yang tidak tidak sesuai dengan kebutuhan ayam, seperti kandungan garam yang tinggi, kandungan protein yang tinggi dan kandungan serat kasar yang tinggi sering terjadi. Jika diberikan pada ayam secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan (iritasi/peradangan) pada dinding usus ayam. Jika organ saluran pencernaan terganggu, penyerapan makanan tidak terserap seluruhnya dan feses tetap berupa makanan.

2.Mikotoksin

Selain tingginya kandungan garam, protein dan serat kasar pada pakan, mikotoksin pada pakan akan mempengaruhi sistem pencernaan ayam. Mikotosin merupakan proses metabolisme sekunder (hasil sampingan) dari jamur atau dapat dianggap sebagai racun/toksin. Jika bahan pakan atau makanan berjamur, produksi mikotoksin akan terjadi pada saat ini. Tanda lain dari mikotosin adalah feses berbentuk pakan dan cair. Namun, sebenarnya banyak tanda lain karena penyerapan nutrisi pada sistem pencernaan ayam tidak maksimal.

3. Infeksi Sekunder

Munculnya infeksi sekunder akibat pengolahan pakan yang tidak efisien pada saluran pencernaan  ayam yang akan memperparah dampak kasus feses pakan dan berujung pada kematian. feses pakan tidak secara langsung meningkatkan kematian kecuali ada infeksi sekunder berikutnya seperti gumboro, ND (Newcastle disease), E-Coli, dll. Adanya infeksi sekunder (penyakit lain menyerang) karena kondisi berak pakan memicu melemahnya daya tahan tubuh (Imunosuppresif)

Gejala Feses Pakan

  1. Feses pakan ditandai dengan adanya komponen utuh seperti biji jagung kecil yang keluar bersama dengan kotorannya.
  2. Tekstur tinja cair (tetesan basah).
  3. Feses tidak berbentuk dan di selaputi warna putih asam urat.
  4. Terkadang feses disertai dengan cairan kuning atau orange.

Dampak Feses Pakan Pada Ayam

Parah tidaknya dampak dari adanya gejala berak pakan tergantung dari kecepatan antisipasi peternak dan tingkat keparahan.

  1. Pertumbuhan ayam akan terhambat karena pakan tidak terserap sempurna. Misalnya kondisi normal pada usia 31-33 hari dengan berat badan 1,7-1,9 kg, namun dengan gangguan ini pada usia yang sama hanya mencapai 1,6-1,7 kg. Akhirnya, panen ditunda untuk mengejar bobot yang diharapkan.
  2. FCR (Feed Conversion Rate) pun akan bengkak. Ketika pertumbuhan terhambat dan pakan terbuang percuma (feses) maka FCR yang tinggi akan merugikan peternak, terbilang tinggi karena jumlah konsumsi ransum yang banyak namun tidak sebanding dengan pertumbuhan atau pertambahan bobot ayam. Misalnya kondisi normal pada umur 31-33 hari dengan FCR 1,45-1,55, tapi dengan kejadian tersebut di umur yang sama mencapai FCR 1,70.
  3. Ayam mengalami stunting syndrome (RSS) atau kekerdilan. Apabila sebagian besar populasi mengalami pakan tidak tercerna sempurna (feses pakan), panen ayam bisa mundur 3-4 hari bahkan lebih, dan efisiensi pakan akan menurun lebih dari 25%. Jika tidak cepat tertangani, bukan tidak mungkin ayam akan gagal tumbuh sehingga akan menyebabkan kerugian bagi peternak.


Solusi yang perlu dilakukan Sobat Agrinis dapat memberikan antibiotik sebagai pengendali infeksi sekunder akibat bakteri, melakukan desinfektan lingkungan kandang menggunakan PAKET SANITASI dari AGRINIS OFFICIAL, mengganti pakan yang sesuai standar, dapat menggunakan bantuan vitamin atau asam amino yang sudah diformulasikan oleh team kami yaitu PAKET AYAM MONSTER.
Sobat Agrinis dapat menghubungi Agrinis Official atau kunjungi e-commerce dari Agrinis semoga bermanfaat.


Oleh: Feri & Vina, Agrinis.