2 min read

Tips Mencegah Stress Pada DOC Broiler

Tips Mencegah Stress Pada DOC Broiler

Ayam adalah salah satu unggas yang sangat sensitif terhadap stress. Ingatlah bahwa sensitivitas lebih tinggi saat ayam berumur kurang dari 14 hari. Fakta praktis menunjukkan bahwa stress adalah penyebab utama kematian pada anak ayam (DOC). Tentu saja, jika stress pada ayam dibiarkan terus, itu tidak hanya mempengaruhi kesehatan dan perkembangan DOC, tetapi juga keuntungan yang diterima peternak.

Cara Agar Ayam DOC Bebas Stress

1.  Kandang yang Bagus

Kandang merupakan poin penting dalam peternakan ayam. Kandang DOC standar yang nyaman terdiri dari lampu, pemanas dan kipas serta terhindar dari udara panas dan dingin. Untuk anak ayam berumur kurang dari 14 hari, sangat penting untuk memperlebar dinding kandang untuk mengurangi kepadatan kandang, sehingga tekanan panas dapat mengurangi kepadatan kandang hingga 10%. kapasitas kandang

Atur ventilasi pada cuaca panas dengan membuka dan menutup sistem gorden, memungkinkan udara sejuk dan dingin menggantikan udara hangat yang bersirkulasi di dalam kandang. Pembelian berupa kipas tambahan, ventilator dan hujan buatan dapat meningkatkan pengaturan ventilasi. Kandang DOC sangat berbeda dengan tahap pemeliharaan dan penggemukan ayam, sehingga penting untuk memastikan bahwa kandang tersebut ideal untuk kandang.

2.   Lingkungan yang Menyenangkan

Pastikan juga lingkungan kandang harus nyaman. Bangun kandang sejauh mungkin dari aktivitas atau aktivitas manusia (perumahan). DOC tidak nyaman di lingkungan dengan terlalu banyak kebisingan.

3. Rekatkan Ayam Selama Beberapa Menit

Membeli bibit DOC dari peternakan lain yang jaraknya cukup jauh dari lokasi kandang akan mengakibatkan bibit DOC stress. Setelah menempuh perjalanan jauh, jangan langsung memasukkan bibit DOC ke dalam kandang, sebaiknya DOC didiamkan beberapa menit. Saat DOC tampak lebih tenang, masukkan anak ayam ke dalam kandang dan beri mereka inkubator.

4.  Pemberian Vitamin

Pemberian vitamin secara teratur dapat meminimalkan stres pada DOC. Selain memperkuat daya tahan tubuh DOC, vitamin juga dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan DOC agar lebih lengkap.

Vitamin C berperan penting dalam mengatasi stress panas. Studi menunjukkan bahwa suplementasi dengan vitamin C dapat mengatasi stress yang disebabkan oleh faktor iklim/cuaca. Ayam yang stress tidak dapat mensintesis vitamin C dalam jumlah yang cukup.

5. Beri Makan Sesuai Kebutuhan

Setiap tahap perkembangan ayam memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Setiap jenis makanan memiliki nilai gizi yang disesuaikan dengan usia perkembangannya. Tepung (mash) merupakan jenis pakan dengan tekstur yang halus sehingga cocok sebagai pakan DOC karena dapat memperlancar pencernaan.

Selain makanan, suplai air dingin juga membantu menstabilkan suhu DOC saat udara sekitar tinggi. Pada suhu tinggi, konsumsi air minum meningkat hingga 50%. Distribusi ketersediaan air perlu diatur secara teratur agar ayam tidak berebut air minum.

Stress pada anak ayam dapat diminimalkan jika peternak dapat mengidentifikasi gejala sedini mungkin. Mengenali stress penting untuk meningkatkan kualitas ayam dan mencegah kerugian. Semoga bermanfaat.


Oleh: Feri & Vina, Agrinis.