2 min read

Antisipasi Kaki Kering DOC, Begini Caranya!

Antisipasi Kaki Kering DOC, Begini Caranya!

Pada awal pemeliharan, kaki kering pada DOC (Day Old Chick) sering terlihat. Kasus kaki kering tidak jauh hubungannya dengan dehidrasi. Dehidrasi dapat terjadi karena tubuh ayam kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan. Selain itu, kaki kering hampir selalu dikaitkan dengan keterlambatan perkembangan. Penyebab kaki kering dan terhambatnya pertumbuhan tidak hanya faktor genetik tetapi juga faktor mekanis seperti proses dari hatchery/breeding, transportasi dan kurangnya pasokan air bersih di dalam kandang.

Dampak Kaki Kering Terhadap DOC

1. Anak ayam akan minum lebih banyak daripada makan, yang akan menyebabkan berat badan anak ayam turun (menyebabkan kekerdilan). Disarankan untuk memisahkan ayam sehat dan kaki kering.

2. Bobot anak ayam tidak stabil, terkadang ayam umur 12 hari mudah mati karena kaki kering.

Antisipasi Jika Mendapat DOC Kaki Kering


Antisipasi jika mendapat DOC dehidrasi (kaki kering) yang kemungkinan akan terjadi kekerdilan :

1.  Pilih atau pisahkan anak ayam yang terlihat cacat, kerdil, lusuh dan kusam. DOC yang tidak layak sebaiknya dikeluarkan dari kandang atau di culling, seperti DOC yang beratnya kurang dari 30 gram, tidak mampu berdiri, kaki cacat, tulang belakang bengkok, paruh tidak simetris, dan kaki kering.

2.  Melakukan isolasi, dimana pemisahan antara DOC sehat dan kaki kering di dalam brooding yang harus ditangani secara berbeda terutama mengenai makanan, vitamin, minuman.

Penanganan DOC Kaki Kering

1. Selalu memperhatikan manajemen suhu dan kelembaban pada kandang brooding. Tentunya sambil melihat tingkah laku dari anak ayam tersebut, agar mempermudah pengaturan suhu dan kelembaban yang sesuai dengan kebutuhannya. Biasanya suhu brooding yang dibutuhkan sekitar 32-35⁰ celcius.

2. Brooding di tengah kandang pasti ada tirai dalam dan tirai luar. Jika anak ayam merasakan kepanasan (panting) maka tirai dalam bisa dibuka. Jika masih kepanasan, tirai luar bisa dibuka sedikit saja. Buka tutup tirai dalam dan luar brooding dapat digunakan sebagai pengaturan suhu kandang brooding. Karena setiap jam dan perubahan cuaca bisa terjadi perubahan suhu pada kandang.

1. Penambahan suplemen brooding sangat diperlukan, atau menggunakan alternatif lain dengan menggunakan larutan air gula merah per 1000 ekor 1/2 kg sebagai sumber energi.
2. Dapat juga dengan memberikan vitamin C, E, dan B kompleks.
3. Jumlah tempat minum harus sesuai dan berimbang dengan jumlah ayam.
4. Kebutuhan air minum pada ayam adalah dua kali dari kebutuhan pakan ayam.

Jangan lupa peternak selalu memastikan manajemen kandang, serta penanganan yang tepat saat DOC baru sampai ke kandang. Agrinis saat ini menyediakan OVK paket DOC datang untuk mencegah DOC kaki kering, mengembalikan energy setelah perjalan dari penetasan ke kandang, dan membantu kesehatan usus karena mengandung probiotik dan menambah nafsu makan DOC, karena vitamin yang kami sediakan adalah obat herbal.

Semoga bermanfaat Sobat Agrinis


Oleh: Feri & Vina, Agrinis.