2 min read

Tips Menangani Suhu Tinggi Pada Musim Panas

Tips Menangani Suhu Tinggi Pada Musim Panas

Suhu udara yang tinggi dapat menyebabkan stress panas pada ayam. Kondisi ini membuat ayam tidak bisa menyeimbangkan produksi dan pelepasan panas tubuhnya. Perlu diketahui bahwa zona nyaman ayam dewasa berada pada kisaran suhu 25-28°C dengan kelembaban 60-70%. Suhu 33°C selama beberapa jam dapat menyebabkan kematian pada ayam.

Tips Atasi Suhu Tinggi pada Kandang Ayam

pengananan cekaman panas/heat stress dapat dimulai dengan memperbaiki suhu lingkungan yang tinggi dan kemudian mendukung penurunan kondisi ayam akibat cekaman panas. Hal ini tentunya didukung dengan perbaikan pengelolaan lingkungan dan pemberian pakan yang tepat agar ayam tidak mengeluarkan panas berlebih dari tubuhnya. Berikut beberapa cara lain untuk mencoba mengatasi stress akibat panas:

1.  Berikan Air Minum Ayam dengan suhu 20-24OC

Air dingin dapat digunakan untuk membantu ayam menstabilkan suhu tubuhnya saat udara di sekitarnya tinggi. Pada saat suhu tinggi kemampuan minum ayam meningkat secara signifikan, bahkan pada suhu mencapai 32°C jumlah air yang dikonsumsi dapat meningkat sebesar 50%. Atur juga pembagian air minum dan periksa ketersediaan air secara rutin (apalagi jika menggunakan tempat minum manual). Jika perlu, perbanyak jumlah tempat minum agar ayam tidak kesulitan menjangkaunya.

2.  Sesuaikan Kepadan Kandang dan Lakukan Penjarangan

Kepadatan kandang yang ideal untuk kandang open house ialah 8-10 ekor/m2 dan close house 15-16 ekor/m2. Penjarangan dalam satu kandang bertujuan untuk mengurangi kepadatan sehingga ayam lebih merasa nyaman, tidak terlalu panas dan padat. Selain itu, ayam juga dapat dengan leluasa meradiasikan panas (pelepasan panas) dari dalam tubuhnya ke lingkungan. Pada ayam umur < 14 hari, pelebaran sekat kandang juga dapat dilakukan untuk mengurangi kepadatan kandang. Saat heat stress kepadatan kandang dapat dikurangi 10%.

3.  Sesuaikan Perlakuan dengan Kondisi Lingkungan

Apabila suhu lingkungan sedang sekitar tinggi, jangan melakukan vaksinasi, pemotongan paruh (beak trimming) atau perawatan lainnya karena dapat memperparah stress panas. Kegiatan seperti di atas bisa dilakukan saat cuaca sedang sejuk atau sore hari.

4.  Atur Pemberian Pakan

Yang terbaik adalah tidak memberi ransum pada siang hari ketika suhu sedang tinggi. Pengaturan pola makan dapat dilakukan dengan pemberian pakan 1/3 ransum pada pagi hari, kemudian 2/3 ransum pada sore hari/malam hari ketika suhu lingkungan rendah. Apabila jumlah pakan dari pemberian pakan masih kurang, maka peternak dapat menerapkan pemberian pakan tengah malam atau Midnight feeding. Pemberian pakan tengah malam dilakukan dengan memberikan penerangan (menyalakan lampu) selama 1-2 jam pada tengah malam, yaitu pada pukul 00.00 hingga 02.00 malam. Teknik ini dapat meningkatkan konsumsi pakan ayam sebesar 2 hingga 5 gram per ekor.

5.  Berikan Vitamin dan Elektrolit

Berikan terapi suportif dengan memberikan vitamin atau multivitamin untuk meningkatkan stamina dan imunitas ayam. Upaya mengatasi suhu kandang yang tinggi sebaiknya tidak dilakukan dengan cara menyemprot langsung pada tubuh ayam karena dapat meningkatkan stress pada ayam. Selain itu, air yang disemprotkan ke tubuh ayam akan jatuh dan membasahi lantai kandang sehingga berpotensi meningkatkan kelembaban dan kadar amonia di dalam kandang.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan elektrolit Sobat Agrinis dapat memesan kepada Agrinis Official di aplikasi Agrinis Farm atau dengan menghubungi langsung nomer Agrinis Official.

Semoga bermanfaat Sobat Agrinis.


Oleh: Feri & Vina, Agrinis.