3 min read

Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Mengelola Bisnis Ayam Broiler

Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Mengelola Bisnis Ayam Broiler

Ayam broiler merupakan makanan favorit bagi banyak kalangan karena rasanya yang enak dan harganya yang cukup terjangkau. Karena banyaknya peminat, menjadikan bisnis ayam broiler semakin melejit.

Banyak pengusaha baru bermunculan yang menjadikan bisnis ayam broiler ini semakin kompetitif.

Selain permintaan yang banyak, jenis ayam ini pun juga cepat dipanen karena hanya membutuhkan waktu 40 hari.

Namun meskipun menggiurkan, menjalankan bisnis ini tidak bisa dilakukan dengan sepele karena adanya risiko kegagalan.

Untuk menghindarinya, Anda perlu mengetahui kesalahan dalam mengelola bisnis ayam broiler berikut ini:

Kualitas Kandang yang Tidak Memadai

Dalam menjalankan bisnis ayam broiler, keadaan kandang ayam merupakan hal yang sangat penting karena itulah tempat berawalnya bisnis.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda cukup mempersiapkan kandang yang luas tanpa sekat karena memang idealnya seperti ini namun, jangan asal membuat kandang dan mengisinya dengan ayam. Jumlah ayam yang bisa ditampung dalam satu kandang berbeda-beda, tergantung dari luas kandang tersebut. Aturlah jumlah ayam yang mampu ditampung secara ideal dalam sebuah kandang.

Jangan memasukkan ayam terlalu padat pada satu kandang karena akan memengaruhi kadar oksigen dan suhunya. Bukan hanya itu, oksigen dan suhu di dalam kandang harus selalu terjaga dan stabil karena perubahan cuaca yang sangat ekstrem bisa menimbulkan penyakit pada ayam.

Keamanan yang Tidak Terjaga

Keamanan sebuah kandang harus selalu terjaga agar Anda tidak mengalami kerugian. Baik siang maupun malam, kandang harus selalu mendapatkan cahaya. Cahaya ini bertujuan untuk memudahkan untuk mengetahui jika ada binatang pemangsa menyelinap di antara ayam. Binatang yang biasa menyerang ayam antara lain ular dan tikus.

Sediakan pula perangkap yang tepat untuk menangkapnya. Jika Anda mengabaikan faktor keamanan ini, mungkin saja Anda bisa mengalami kegagalan dalam bisnis ternak ayam broiler.

Harga Jual Tidak Stabil

Harga jual ayam broiler tidak bisa selalu stabil, apalagi pada musim lebaran, natal dan tahun baru. Ketika setelah lebaran, natal dan tahun baru harga daging ayam cenderung mengalami penurunan karena stok ayam broiler pada saat itu melimpah dan permintaan mulai mengalami penurunan.

Untuk menghindari kerugian, Anda harus pandai-pandai mencari pemilik restoran maupun jasa katering yang memiliki permintaan tetap untuk kebutuhan ayam. Kalau pun Anda tidak memiliki mitra bisnis yang membutuhkan ayam dalam jumlah tetap maka jangan terlalu banyak memanen ayam ketika harga sedang murah agar tidak merugi.

Anda juga bisa mendapatkan info lengkap Harga Pasar ayam broiler di aplikasi Agrinis Farm untuk seluruh Indonesia yang update setiap hari.

Kualitas Ayam Buruk

Menjual produk sama halnya menjual kualitas, begitu juga dengan menjual ayam broiler. Jika kualitas ayam yang Anda jual buruk, lambat laun pelanggan akan mencari supplier lain sehingga menyebabkan kerugian.

Untuk mengatasi hal ini Anda harus selalu memberikan makanan yang sehat, vitamin yang baik, dan vaksin yang tepat. Anda juga harus selalu memantau kesehatan ayam agar terhindar dari penyakit. Jika ditemukan beberapa ayam terjangkit virus, maka segera pisahkan ayam tersebut dari kandang agar ayam lain tidak tertular.

Banyaknya Pesaing

Ketika Anda menjalankan bisnis ayam broiler, Anda akan menemukan banyaknya pesaing. Jadikan pesaing itu sebagai tantangan yang harus diselesaikan, bukan sebagai musuh.

Untuk mengatasi persaingan yang ketat sebaiknya Anda melakukan hubungan yang baik dengan para pedagang di pasar dan mencari mitra tetap yang selalu membutuhkan ayam dalam jumlah besar misalnya restoran, hotel, atau katering. Jika perusahaan sudah memiliki pelanggan atau mitra tetap, pastinya jumlah pesaing yang banyak tidak akan terlalu menjadi masalah.

Manajemen Perusahaan yang Tidak Baik

Manajemen pengelolaan ABK harus dijalankan dengan baik agar bisnis ayam broiler Anda bisa berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kegagalan. Untuk mengatasi masalah pengaturan ABK, Anda bisa mulai menggunakan aplikasi Agrinis Farm layanan VIP online.

VIP - Agrinis Farm menyederhanakan pengelolaan dan pengaturan laporan dan pencatatan pekerjaan ABK lengkap dengan fitur yang mudah digunakan dan efektif. Mudah dipahami dan dapat menampilkan data harian catatan kondisi kandang ayam dan tentunya perlu mencari karyawan yang kompeten dan mampu menjalankan tugas sesuai tugas masing-masing.

Sedangkan untuk mengelola keuangan Anda bisa mulai melakukan pencatatan pengeluaran pemeliharaan ayam dan kandang dengan aplikasi Agrinis Farm pada fitur data harian yang akan menampilkan laporan biaya yang telah dikeluarkan untuk kebutuhan ternak ayam selama satu periode, jadi yang perlu Anda lakukan hanya mencatat setiap transaksi menggunakan Agrinis Farm sesuai kebutuhan dan pengeluaran.

Dapatkan kemudahan untuk mengelola ABK dan keuangan bisnis ayam broiler Anda dengan Agrinis Farm. Download Agrinis Farm sekarang juga di Playstore!


Oleh: Dedi & Vina, Agrinis.
Referensi: Jurnal.id