2 min read

Manfaat dan Efek Samping Klorinasi Air Minum Pada Ayam Broiler

Manfaat dan Efek Samping Klorinasi Air Minum Pada Ayam Broiler

Peternak ayam broiler sering bertanya tentang air minum yang diberi kaporit atau klorin, apa efek samping dan juga manfaat setelah air minum di beri kaporit. Pertanyaan ini sering muncul di Komunitas peternak ayam broiler Agrinis Farm.

Kembali pada topik kali ini yaitu klorinasi. Wabah kolibasilosis sering kali menyerang peternakan ayam broiler. Salah satu cara pencegahan koli adalah dengan menggunakan kaporit pada air minum ayam broiler.  Namun bukan hanya untuk bakteri E. Coli saja, klorinasi untuk sanitasi air minum agar air minum lebih steril dari adanya pathogen-pathogen jahat yang mungkin menyerang saluran pencernaan ayam broiler melalui air minum ayam.

Tujuan dan Manfaat Pemberian Kaporit atau Klorin

Tujuan dari pemberian kaporit atau klorin ini adalah untuk mematikan bakteri atau mikroorganisme yang mencemari air minum ayam sebagai langkah sanitasi air minum.

Efek Samping Pemberian Kaporit atau Klorin

  • Kaporit/klorin akan meningkatkan pH air karena kaporit bersifat basa.
  • Kaporit/klorin bisa menurunkan nafsu makan karena adanya perubahan rasa dan bau pada air minum ayam.
  • Pemberian kaporit yang terus menerus bisa berakibat terjadinya iritasi pada pencernaan ayam.
  • Matinya mikroba menguntungkan pada saluran pencernaan.

Untuk menghindari efek samping di atas maka air yang mengandung kaporit/klorin seharusnya didiamkan terlebih dahulu selama ± 20 menit sebelum diberikan ke ayam broiler. Namun jika anda akan melakukan vaksinasi, air berkaporit harus didiamkan dulu selama 24 jam sebelum digunakan untuk melarutkan vaksin ayam broiler.

Dosis Pemberian Kaporit atau Klorin

Untuk dosis pemberian kaporit/klorin sebanyak 3-5 ppm ke dalam air minum. Anda bisa memasukkan kaporit dengan perbandingan 6-10 gram per 1000 liter air, ini untuk kaporit murni. Untuk kaporit tidak murni tentu tergantung kadar kaporitnya berapa %, jika kadar kaporit 50% maka dosis kaporitnya adalah 2x kaporit/klorin murni. Biasanya klorin dijual di pasaran dalam bentuk kaporit atau calcium hypochlorite (CaOCl2) (Mulyantono dan Isman, 2008).

Kapan Pemberian Kaporit atau Klorin Pada Ayam

Air minum berkaporit/klorin bisa diberikan ke ayam mulai DOC sampai ayam dewasa. Untuk DOC sebaiknya kaporit diminimkan karena adanya banyak pemberian vaksin pada DOC, kaporit bisa menurunkan kerja obat, vitamin dan juga vaksin. Dimasa DOC anda bisa menggunakan setengah dosis normal yaitu 3-5 gram per 1000 liter air sebagai langkah pencegahan atas masuknya mikroba jahat yang mungkin masuk dan mengganggu keseimbangan mikroflora dalam saluran pencernaan.

Faktor Sukses Pemberian Kaporit atau Klorin

Untuk proses sanitasi air menggunakan kaporit ini tentu saja harus didukung dengan pembersihan peralatan kandang terutama tempat minum ayam, bak penampungan air serta pipa saluran air dan juga selang pada tempat minum otomatis. Biasa pada tempat- tempat ini mudah timbul biofilm untuk tempat tumbuhnya pathogen yang bisa merugikan dan mengganggu program sanitasi.


Oleh: Feri & Vina, Agrinis.
Referensi: Majalahvet