3 min read

Mengenal Bakteri Probiotik untuk Meningkatkan Produksi Ayam Broiler

Mengenal Bakteri Probiotik untuk Meningkatkan Produksi Ayam Broiler

Penggunaan antibiotik dalam pembibitan dilarang karena berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, penggunaan probiotik saat ini sudah dikenal dan diterapkan dalam dunia peternakan khususnya pada ayam.

Probiotik menjadi solusi untuk menghasilkan ayam sehat tanpa bahan kimia dan antibiotik

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah optimal untuk meningkatkan kualitas hidup inang. Peningkatan ini tercermin dari performa produksi dan kesehatan usus ayam yang optimal.
Selain itu penggunaan probiotik sangat bermanfaat untuk menekan biaya produksi ternak khususnya pakan. Karena biaya pakan dalam produksi unggas merupakan biaya yang paling besar, termasuk biaya produksi ayam. Probiotik dapat mengurangi asupan pakan unggas, membuat pakan lebih efisien dengan tetap menjaga kebutuhan nutrisi harian ayam. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang probiotik, berikut ini jenis dan manfaat probiotik.

Jenis bakteri probiotik


1.Bakteri Asam Laktat
Ini adalah sekelompok bakteri yang dapat mengubah karbohidrat menjadi asam laktat dalam bentuk glukosa. Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa bakteri baik ini memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan hewan ternak.

Merupakan bakteri yang umum dijumpai di lingkungan dan dapat diinokulasi serta diperbanyak dalam jumlah yang sangat besar sehingga bakteri ini dapat digunakan sebagai media produksi untuk pencegahan penyakit lingkungan.
Jenis bakteri asam laktat yang terbukti meningkatkan efisiensi pakan, penggemukan dan pencegahan penyakit dalam waktu singkat adalah:

Lactobacillus acidophilus
• Lactobacillus casei
• Lactobacillus fermentum
• Lactobacillus plantarum
• Pediococcus sp

2.Bakteri Spora
Seperti namanya, siklus hidup bakteri ini menghasilkan spora yang bermanfaat bagi inangnya. Ciri lainnya adalah termasuk dalam kelompok bakteri gram positif, bersifat non-patogen dan digunakan untuk mengoptimalkan sistem pencernaan. Bakteri dapat mencegah konversi asam urat menjadi amonia dengan menggunakan asam urat sebagai nutrisi. Bakteri dari kelompok spora adalah:

Bacillus cereus
• Bacillus mycoides
• Bacillus thuringiensis
• Bacillus subtilis

Manfaat Probiotik Bagi Produksi Unggas


1.Efisiensi dan Produktivitas Ternak
Tentunya manfaat utama probiotik bagi produksi ayam ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas ternak. Terutama saat beternak ayam pedaging dan ayam petelur untuk mencapai konversi pakan yang optimal. Dengan demikian, biaya pembelian makanan setiap siklusnya bisa lebih hemat.

2. Penekanan Produksi Kotoran Hewan
Probiotik juga sangat bermanfaat dalam menjaga atau melindungi lingkungan. Hal ini dapat terjadi karena kotoran ayam tidak dapat digolongkan sebagai limbah berbahaya bagi lingkungan.
Selain itu, kotoran ayam dapat bermanfaat bagi lingkungan. Karena bisa langsung digunakan sebagai pupuk organik.

3. Meningkatkan Kualitas Produksi Daging Unggas
Ayam beternak probiotik yang dikatakan bebas bahan kimia dan antibiotik
Selain efisiensi produksi, kualitas daging ayam yang akan dikonsumsi ditingkatkan melalui penggunaan probiotik. Misalnya, ayam pedaging yang menggunakan probiotik secara alami lebih rendah kandungan lemaknya.
Hal ini karena probiotik dapat meningkatkan metabolisme energi (ME) dan nutrisi yang dapat dicerna (TDN), sehingga terjadi keseimbangan antara protein dan energi.

4. Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Unggas
Kadar amonia di dalam kandang harus dijaga seminimal mungkin. Karena meningkatkan kemungkinan ayam sakit, terutama penyakit bakteri. Peran probiotik adalah untuk mengurangi keberadaan amoniak sehingga potensi gangguan kesehatan pada ayam khususnya penyakit pernafasan dapat dicegah. Hal ini tentunya membuat pertumbuhan ayam menjadi lebih optimal.

5. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh
Fungsi dan manfaat lain dari probiotik adalah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat terjadi karena probiotik dapat bersaing dengan bakteri patogen pada usus ayam, sehingga populasi bakteri patogen dapat ditekan oleh probiotik tersebut. Tentu saja, probiotik memastikan kondisi usus dapat berfungsi optimal dengan menyerap nutrisi dan mencegah perkembangan bakteri berbahaya.

Peran Prebiotik Sebagai Penunjang Probiotik


Molase adalah sumber alami prebiotik. Penggunaan probiotik dalam pakan ayam belum lengkap kecuali membahas peran prebiotik. Keduanya berbeda fungsi, tentu saja, tetapi saling terkait karena probiotik membutuhkan prebiotik untuk bekerja.
Prebiotik adalah komponen makanan dari mikroba probiotik yang bermanfaat. Prebiotik tidak selalu mikroba hidup. Beberapa produk fermentasi seperti yeast culture, molasses dan Aspergillus sp. dapat digunakan sebagai prebiotik.
Kombinasi mikroorganisme hidup (probiotik) dan substrat (prebiotik) menawarkan keuntungan meningkatkan kelangsungan hidup bakteri probiotik. Karena lingkungan fermentasi sudah tersedia agar tubuh mendapatkan manfaat lebih maksimal dari kombinasi ini.

Ini memastikan bakteri tetap hidup dan menempel pada lapisan usus ayam. Karena terdapat substrat atau makanan (prebiotik) untuk menjaganya tetap hidup dan berfungsi di dalam saluran pencernaan. antibiotik atau probiotik
Seperti disebutkan sebelumnya, probiotik menawarkan banyak manfaat. Jadi inilah saatnya mengalihkan fokus dari pengurangan penggunaan antibiotik ke probiotik.

Bukan tanpa alasan antibiotik sendiri berdampak negatif terhadap lingkungan dan ayam yang dipelihara. Salah satu dampak yang harus diwaspadai adalah berkembangnya resistensi terhadap bakteri patogen.

Resistensi dapat disebabkan oleh penggunaan antibiotik yang sering dan berlebihan, resistensi itu sendiri dapat diartikan sebagai peningkatan resistensi suatu jenis mikroorganisme tertentu terhadap antibiotik atau obat lain. Tentunya hal ini akan mempersulit pengendalian hama dan penyakit hewan di kemudian hari.


Oleh: Feri & Vina, Agrinis.
Referensi: De Heus