2 min read

Mengenal Manfaat Jahe Untuk Ayam dan Cara Memberikannya

Mengenal Manfaat Jahe Untuk Ayam dan Cara Memberikannya

Jahe adalah termasuk salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan manusia, bagi sebagian masyarakat Indonesia jahe pada umumnya diolah sebagai minuman atau dijadikan sebagai tambahan penyedap masakan.

Namun lain halnya bagi para peternak ayam broiler, yang justru dimanfaatkan sebagai jamu dan obat untuk ayam.

Karena jahe dipercaya memiliki beberapa kandungan zat yang mampu mengobati serta menjaga kesehatan ayam, dan untuk mengetahui zat ataupun nutrisi yang terkandung dalam jahe adalah:

Kandungan Nutrisi Pada Jahe

๑ Kalori: 80 kcal,
๑ Karbohidrat: 17,77 gr,
๑ Air: 78,89 gr,
๑ Protein: 1,82 gr,
๑ Glukosa: 1,7 gr,
๑ Serat kasar :1,7 gr,
๑ Lemak kasar: 0,75 gr,
๑ Vitamin A,C, D, E: 5 mg,
๑ Vitamin B2 (Riboflavin): 3%,
๑ Vit. B1 ( Thiamine): 2%,
๑ Vit. B3 (Niacin): 5%,
๑ Vit B5 (Panthothenic): 4%,
๑ Vit. B9 (Folat): 3%,
๑ Kalsium (Ca): 2%,
๑ Zat besi: 5%,
๑ Phosphor: 5%,
๑ Kalium: 9%,
๑ Sodium: 1%,
๑ Seng (Zinc): 4%.

Itulah beberapa kandungan zat yang terdapat didalam jahe, nutrisinya yang lengkap sehingga banyak dimanfaatkan untuk menjaga stamina serta mengobati ayam broiler, adapun manfaat jahe yang perlu kita ketahui adalah:

Manfaat Jahe untuk Ayam

Beberapa manfaat air rebusan jahe untuk ternak ayam broiler yang sering dirasakan oleh para peternak, adalah seperti berikut:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Khasiat jahe yang mungkin belum banyak diketahui oleh para peternak pemula adalah sebagai obat alami yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, yaitu untuk membersihkan usus besar dan mengeluarkan gas beracun dalam tubuh ayam.

2. Mengobati Pembengkakan atau Peradangan

Jahe juga mengandung senyawa atau zat anti peradangan yang dipercaya sangat ampuh dapat mengurangi gejala pembengkakan serta meredakan rasa nyeri pada sendi dan otot, sehingga sangat cocok untuk mengobati ayam lumpuh.

3. Membantu Menetralkan Suhu Tubuh

Air rebusan jahe juga diyakini mampu memberikan rasa hangat pada tubuh ayam, apalagi pada saat cuaca dingin atau musim hujan yaitu untuk meningkatkan stamina serta sistem kekebalan tubuh ayam, sehingga sangat cocok diberikan pada ayam yang masih anakan (DOC).

Cara Memberikan Jahe Pada Ayam

Memberikan jahe sebagai obat alami untuk ayam sebenarnya sangat mudah, Caranya yaitu: ambil 2-3 ruas jahe, lalu geprek dan rebus dengan air secukupnya sampai mendidih.

Tunggu beberapa saat agar air rebusan jahe dingin, baru kemudian bisa anda berikan pada ayam setiap hari, namun lebih baik lagi jika anda berikan pada malam hari, tujuannya agar memberikan rasa hangat pada tubuh ayam.

Jika ingin lebih manjur lagi anda bisa juga menambahkan gula merah saat merebus jahe tersebut, dan untuk mengetahui manfaat gula merah, silahkan nantikan artikel selanjutnya di Agrinis Blog.

Itulah 3 manfaat jahe untuk ayam dan cara memberikannya, yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah ilmu tentang dunia peternakan.


Oleh: Feri & Vina, Agrinis.
Referensi: Budidaya Ternak